Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kambing Qurban

Bagi umat islam yang akan melakukan ibadah qurban, tentumenjadi hal pentinguntuk mengetahui berapa harga anakkambing. Dalam ajaran Islam, kurban adalah ibadah dengan amalan sunnahmuakkad atau sunnah yang dikuatkan. Adapun maksud dari kurban itu sendiri yaitumenyembelih hewan (ternak) dengan tujuan beribadah kepada Allah tepat di HariRaya Haji atau Idul Adha, serta di tiga hari Hari Tasyriq.

Apabila melihat dengan dimensi vertikal, kurban adalah suatubentuk ibadah mendekatkan diri kepada Allah untuk mendapatkan ridho-Nya. Danapabila dilihat melalui dimensi sosialnya, ibadah kurban ini bertujuan untukmenggembirakan kaum fakir tepat di Hari Raya Idul Adha. Oleh karena itu juga, daging hasil kurban sebaiknya diberikan kepadamereka yang benar-benar membutuhkan. Sisanya, dapat dikonsumsi oleh keluargayang berkurban.

Beberapa Kriteria Hewan Kurban

Secara umum, semua hewan ternak boleh dijadikan sebagai hewankurban. Untuk prioritas paling utamanya, hewan kurban tersebut yaitu kambingatau domba, sapi, kemudian ada unta. Apabila anda memilih hewan kambing,usahakan memilih kambing besar dalamkondisi yang sehat. Walau sekarang ini banyak jasa penyedia hewan-hewan kurban,namun pastikan anda benar-benar memilih hewan tersebut dengan tepat.

Agar ibadah kurban menjadi sah secara syariatnya, tentunyaanda harus memperhatikan beberapa kriteria dari hewan yang akan disembelih.Adapun kriteria yang dimaksud yaitu sebagi berikut. Apabila domba, hewan tersebutharus sudah berumur minimal satu tahun atau sudah berganti gigi. Apabilakambing kacang, usia yang dianjurkan yaitu kambing yang sudah berumur minimal 2tahun lebih. Kambing tidak harus berupa kambingbesar.

Selanjutnya apabila sapi dan kerbau, usia yang paling minimalyaitu dua tahun. Dan untuk untuk, usia yang dianjurkan yaitu usia lima tahunatau lebih. Di Indonesia sendiri, hewan ternak yang paling sering dipilih yaitusapi dan kambing. Selain karena dua hewan ternak tersebut banyak di Indonesia, penyediajasa hewan kurban tersebut juga kebanyakan hanya menawarkan daging kambing dansapi.

Mengetahui Jenis-jenis Kambing

Ketika akan melakukan ibadah kurban, cermati pemilihan jeniskambing yang akan dikurbankan. Apabila anda bingung, disarankan untuk menanyakannyakepada ahlinya terlebih dahulu. Untuk lebih mudahnya, anda juga bisa mencariinformasi tersebut melalui internet. Atau cara yang lain, anda bisa langsungmelakukan pemesanan daging kambing pada jasa penyedia hewan kurban yang resmi.

Untuk masalah jenis-jeniskambing yang dipilih untuk kurban sebenarnya tidak ada spesifikasikhususnya, namun penting untuk memperhatikan umur dari kambing tersebut.Seperti yang sudah disebutkan di atas, usia minimal kambing untuk bisadikurbankan yaitu apabila sudah mencapai usia 2 tahun. Apabila kambing yanganda kurbankan memiliki usia di bawah 2 tahun, dapat dikatakan kurban andatidak sah secara syariat.

Waktu Pelaksanaan IbadahKambing untuk Qurban

Waktu yang paling tepat untuk menyembelih kurban yaitu setelahselesai shalat Idul Adha (10 Dzulhijjah). Untuk penyelesaiannya yaitu sampai terbenam matahari tanggal 13 Dzulhijjah.Untuk masalah pembagian daging kurban, dibagi menjadi tiga bagian dan tidakharus sama rata. Adapun ketiga bagian tersebut yaitu untuk fakir miskin, untukdihadiahkan, dan untuk dirinya sendiri.

Kurban memang menjadi salah satu bentuk ibadah yang sebaiknya dilaksanakan. Selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, ibadah kurban juga dapat menjadi bentuk syukur kita atas rezeki yang diberikan. Selain itu, ibadah kurban juga dapat membantu para mereka-mereka yang sedang kesusahan. JIka anda akan melakukan ibadah kambing qurban, wajib hukumnya untuk memperhatikan aturan syariatnya.

Terima kasih sudah mengunjungi The Daily Engage , semoga informasi yang kami berikan selalu bermanfaat bagi anda 🙂 jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya ya 🙂 salam..

Leave a Comment