Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi

Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi

Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi dan Perlu Anda Ketahui – Pada zaman yang serba canggih ini, kita pasti dihadapkan terhadap sesuatu yang pastinya membutuhkan waktu singkat dan cepat dalam segala hal termasuk gaya hidup ataupun kebutuhan hidup.

Anda tidak akan menyangka besok lusa ataupun beberapa jam kedepan anda akan mengalami masa sulit. Maka dari itu, sangat diperlukan penanganan dini terhadap masa sulit atau musibah yang akan anda alami nanti seperti misalnya investasi. Investasi dapat berupa simpanan uang yang anda sisihkan setiap bulan, simpanan emas untuk jangka pendek maupun jangka panjang, ataupun tabungan berjangka di Bank seperti asuransi, tabungan pendidikan, maupun tabungan hari tua.

Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi Yang Perlu Anda Ketahui

Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi
Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi

Jika anda orang yang konsumtif atau memiliki perilaku konsumtif yang susah diatasi, maka hindarilah perilaku konsumtif tersebut dari sekarang karena akan membuat anda kesulitan di masa depan.

Banyak diantara kita yang sadar akan hal yang membahayakan keuangan di masa depan, namun sebagian besar malah acuh dan membiarkan hal yang tidak diinginkan tersebut menjadi bom waktu.

Seperti halnya pinjaman online. Memang sangat mudah untuk mencairkan dana dari hasil pinjaman online daripada meminjam ke Bank, namun apa anda sadar akan bahaya yang mengancam anda? Berikut ini adalah Bahaya Pinjaman Online Berbasis Aplikasi Yang Perlu Anda Ketahui dan anda harus waspada akan hal itu…

1. Tanda Tangan Elektronik Dengan Kesepakatan Yang Kurang Jelas

Jika kita meminjam ke Bank, semua kesepakatan akan dijelaskan di awal dengan sangat jelas dan anda berhadapan langsung bersama Analis Bank tersebut. Lain halnya dengan pinjaman online, anda cukup mengisi data diri via aplikasi, setelah itu dana cair tanpa membaca lebih lanjut petunjuk peminjamannya karena biasanya petunjuk tersebut berupa dialog box yang memiliki teks sangat kecil sehingga anda malas membacanya. Kesepakatan kurang jelas? Yup, karena semuanya dirangkum dengan tulisan “Dengan Ini Anda Menyetujui Semua Ketentuan Yang Berlaku. Blablabla….” dan saat anda menekan tombol setuju, maka semua ketentuan diluar yang anda baca pun ikut masuk ke dalam kontrak tanpa hitam diatas putih. Karena “Tombol” tersebut berlaku lebih dari selembar materai.

2. Kenaikan Suku Bunga Yang Tidak Stabil

Mengapa kenaikan Suku Bunga Tidak Stabil? Karena semua dirangkum dalam tanda tangan elektronik yang sudah dijelaskan diatas. Banyak yang sudah mengalami jika telat dari jatuh tempo, anda bisa saja membayar 2x lipat sesuai aplikator menekan harga. Ngeri ya?

3. Penjualan Data Diri

Apa anda tidak aneh saat anda mengisi semua data diri di aplikasi secara lengkap, data itu akan dilempar kemana? Dengan mudahnya anda mengisi data diri dalam formulir elektronik dan makin banyak saja sekarang KTP palsu yang beredar dengan Nomor Induk KTP yang sama dan data diri yang berbeda? Harap berhati-hati karena data diri anda lebih berharga daripada uang yang nominalnya hanya beberapa juta saja. Tidak sebanding bukan?

4. TEROR!

Saat anda pertama kali mengunduh aplikasi peminjaman online, akan ada dialog box yang berisi “Izinkan aplikasi ini untuk membaca seluruh kontak anda. Tekan setuju untuk melanjutkan” dan saat anda menekan kata setuju, maka semua data kontak di smartphone anda akan masuk seluruhnya kepada database aplikasi. Jadi jika anda telat membayar tagihan sesuai tempo yang berlaku, maka selamat anda dan semua orang yang berada di kontak handphone anda akan diteror dengan sms yang menyatakan bahwa anda belum membayar tagihan pinjaman berbasis online tanpa menyebutkan aplikasi yang anda pakai dan anda akan dipermalukan secara sosial.

5. Kecanduan

Bagi anda yang selalu melunasinya tepat waktu hingga akhir dan terlebih anda memiliki penghasilan tetap, pasti anda akan kecanduan untuk meminjam dana tunai via aplikasi yang bisa anda unduh dalam satu sentuhan di smartphone anda.

  • Saat anda sedang butuh uang, ajukan pinjaman…
  • Saat anda ingin membeli barang yang diinginkan, ajukan pinjaman…
  • Saat anda ingin jalan-jalan ke luar negeri, ajukan pinjaman…

Mau sampai kapan berperilaku konsumtif seperti itu? Yuk investasi dengan cara lain daripada anda terjebak pada zona tersebut. Lakukan dari hal kecil seperti menabung, investasi emas dengan nominal yang tidak terlalu banyak karena investasi emas di jangka panjang itu sangat menguntungkan. Ataupun membuka tabungan berjangka di Bank agar anda bisa lebih mudah untuk mengatur pengeluaran.

Berbelanjalah kebutuhan secukupnya dan pilih waktu yang pas untuk berbelanja. Jika anda ingin berbelanja murah terutama di Supermarket dan Minimarket, gunakan waktu luang di akhir pekan untuk berbelanja karena setiap akhir pekan akan ada promo JSM yang pastinya akan menekan pengeluaran anda agar lebih hemat. Bila anda kebingungan, ketik di google sesuai supermarket yang anda cari dengan keyword atau kata kunci : jsm indomaret, jsm alfamart, jsm superindo, jsm alfamidi, jsm giant, jsm hypermart dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk meng-klik website yang ada di urutan teratas karena itu adalah website terupdate dan terpercaya untuk mengetahui harga promo Supermarket dan Minimarket favorit anda…

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya…

Leave a Comment